Definisi SIA :
Suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.
Karakteristik SIA :
1. SIA melakasanakan tugas yang diperlukan
2. Berpegang pada prosedur yang relatif standar
3. Menangani data rinci
4. Berfokus historis
5. Menyediakan informasi pemecahan minimal
Informasi Akuntansi yang dihasilkan oleh SIA :
1. Informasi akuntansi keuangan
Informasi yang berbentuk laporan keuangan yang ditujukan kepada pihak extern
2. Informasi Akuntansi Manajemen
Informasi yang berguna bagi manajemen dalam pengambilan keputusan
Tujuan SIA menurut Mulyadi (1993) :
1. Menyediakan informasi bagi pengelolaan kegiatan usaha
2. Untuk memperbaiki informasi yang dihasilkan oleh sistem yang telah ada baik mengenai mutu, ketepatan penyajian maupun struktur informasinya
3. Untuk memperbaiki pengendalian akuntansi dan pengecekan intern
4. Mengurangi biaya klerikal dalam penyelenggaraan catatan akuntansi
Siklus Proses Transaksi dalam SIA :
1. Siklus Penjualan
2. Siklus Pembelian
3. Siklus Penerimaan Kas
4. Siklus Pengeluaran Kas
5. Siklus Penggajian
6. Siklus Produksi
0 komentar:
Posting Komentar